Gaya Menulis?

Selasa, 28 April 2009 Leave a Comment

Ternyata tulisanku yang di sini sama sekali ga da yang komen, padahal ini informasi yang sangat penting, menurut ku!!(narsis nee)

ya walhasil (bahasa apaan tu?) saya impor kesini aja dech.(dasar ga usaha)

Nee adalah tulisan yang nge bahas tentang gaya kepenulisan kira-kira seperti apa sih gaya menulis kita tu!!!!
kita ulas sekarang dech!!!hehehehe....

Ternyata bukan hanya foto model, artis senetron atau penyanyi saja yang punya gaya, kepenulisan juga punya gayanya sendiri. Tetapi tidak seperti artis sinetron yang bila dimintai konfirmasi bergaya sok serius kemudian lari tunggang langgang kalau aibnya terungkap (ya ampun!! jadi ngomongin orang) atau seorang model yang bergaya mondar-mandir di atas catwalk (bener gak ya tulisannya “catwalk”?) dan juga bukan pula seperti gaya para vocal dari group band yang berjingkrak-jingkrak di atas panggung kayak orang kesurupan! (“dan juga bukan pula seperti” pemborosan kata tuh! Jangan ditiru ya)

Tetapi gaya menulis di sini adalah tentang bagaimana kita menuangkan kata pada sebuah tulisan, bagaimana kita menyampaikan sebuah pesan pada pembaca. Karena setiap orang memiliki gaya menulisnya sendiri-sendiri ada yang menulis sambil nungging, ada yang menulis sambil jongkok di WC, dan lain-lain… Kwahahaha (bercanda).

Gaya menulis seseorang bisa dilihat dari caranya menuturkan kata, opini, cara mengekspresikan dan bagaimana gaya bahasa dalam tulisannya. Ada orang yang menulis dengan gaya bahasa yang humoris, penuh dengan canda dan hanya sedikit formal. Ada juga gaya kepenulisan yang formal seperti dalam presentasi, menuntut aneka ketrampilan untuk menyusun deskripsi, eksplanasi, aksentuasi serta persuasi, yang semuanya itu menggunakan kata-kata yang tidak mudah dipahami, biasanya orang-orang yang menulis dengan gaya seperti ini adalah seorang sejarawan.

Baru-baru ini saya juga menemukan kepenulisan dengan gaya populer. Pendek kata, tulisan yang menggunakan gaya bahasa populer ini adalah tulisan yang mengedepankan data-data, istilah, dan bahasa yang biasa digunakan banyak orang pada umumnya. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca disini http://www.gaulislam.com/menulis-gaya-populer-apa-pula-itu.

Ada pulah kepenulisan dengan gaya prosais, bagaimana seseorang menceritakn pesan yang ingin disampaikannya dengan gaya bahasa sebuah cerita novel atau sebuah cerpen.

Sebenarnya masih banyak gaya kepenulisan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu (ya! Karena emang Cuma itu saja yang saya tahu… hehehehe). Menurut saya gaya kepenulisan seseorang adalah ciri dari karakter orang itu sendiri. Jadi sebaiknya anda membuat gaya kepenulisan sendiri. Kalaupun anda belum menemukan gaya anda sendiri, anda juga bisa memakai gaya menulis milik orang lain tetapi jangan sampai keterusan bisa-bisa anda jadi salah satu tersangka plagiat. Anda bisa memadukan antara gaya menulis orang lain dengan gaya menulis anda sendiri dan menghasilkan gaya baru! Yang penting tetap berusaha dan berdoa : )

Copy-Paste kode di bawah ini jika Anda ingin mempublikasikannya ulang untuk keperluan non-komersil. DILARANG memodifikasi separuh atau seluruh bagian dari kode tersebut.

*Widget By Vandy 165

16 komentar »

  • kakve-santi said:  

    pertamax dulu dah.. :D

  • IjoPunkJUtee said:  

    MEnulis adalah bahasa pengungkapan kalbu....
    Entah orang suka atau malah berteriak huuuuuu....
    Aku tak tau
    ku hanya menuruti tarian jari di atas key of board kompiku....

    * Bagaimana dengan cara menulisku Bro...??

  • buwel said:  

    Bener nih aku lagi nyari gaya tulisan....ajarin dong....

  • yanuar catur rastafara said:  

    gaya tulisan mungkin ada yang gaya dada, bebaas, kupu2
    lho??kok malah gaya renang??
    wakakakakak

  • zener_lie said:  

    kalau gaya penulisanku termasuk apa? aku sendiri bingung akan gaya penulisanku dan anehnya aku selalu ingin mengubahnya.

    bisakah anda membantu saya? heheheh

  • hendro said:  

    aku datang sobbbb

    mampir lagi ya !! jangan jemu-jemu walau sekedar lewat, jangan bosen-bosen untuk meninggalkan jejak !! terimakasih
    coba-informasi.blogspot.com

  • kenwooi.com said:  

    writing style shows the true self on an individual =)

  • Anazkia said:  

    Sip sip.. menulis itu ibarat menentukan model apa yang akan kita pake (emangnya baju...??) hihihi...

  • Fetra said:  

    Hallo kunjungan dari blogger solo....have a nice day...and keep the good work!

    baca artikelku tentang:

    -> Gejala Flu Babi

    -> Berkunjung Ke Pabrik Dildo

    -> Dada manohara di silet!

    -> http://blogfetra.blogspot.com

  • Anazkia said:  

    Belum posting lagi bos....??? :)

  • zn1331 said:  

    tetep menulis. belajar bersama, bersama belajar. this tech4

  • Ombung (^ ; ^)v said:  

    wuih banyk amat gaya dlm kepenulisan yup,si embah TOP BGT bs tau hal2 demikian

  • Bunga said:  

    kunjungan pagi sambil baca2
    oh banyaknya gaya dalam penulisan ya
    pantas aja belajar itu lama

  • Sang Cerpenis bercerita said:  

    gaya menulisku gimana? apakah gaya kodok ato gaya kupu2? lho..itu mah renang ya...

  • Andie Gokil said:  

    kalo aku,
    penulis tipe apa yah.?
    hehehe :D

  • stom said:  

    Aku biasa pake gaya bebas. Maksudnya gayaku ga jelas hehe

  • Leave your response!