Awal Menulis

Minggu, 31 Mei 2009 Leave a Comment

Sudah lama banget ga memotivasi diri sendiri.
Awalnya saya tak pernah berkeinginan untuk menulis, apa lagi memebuat sebuah blog. Mungkin keinginan saya menulis tumbuh ketika beberapa tahun yang lalu, saat saya sedang sibuk mencari tugas untuk salah satu mata kuliah yang saya ambil.

Saat itu tidak sengaja pada salah satu alat pencari web yang saya buka menemukan artikel tentang kepenulisan, di sana tertulis sebait kata-kata yang membuat saya berpikir. Kata-kata tersebut adalah “Without words, without writing and without books there would be no history, there could be no concept of humanity.” oleh Hermann Hesse pada tahun 1877 – 1962.

Menurut pemikiran saya pribadi benar sekali apa yang dikatakan oleh Hermann Hesse bahwa ketika seluruh orang di dunia ini berhenti menulis maka tak akan ada
sejarah untuk anak cucu kita nanti dan secara tidak langsung kita akan membunuh peradaban manusia dengan kebodohan. Dari sini lah saya sadar bahwa setiap apa yang kita pikirkan mungkin menjadi sesuatu yang penting untuk orang lain. Dan mungkin dengan menulis semua ide-ide kita pada sebuah buku atau catatan kecil semacam Agenda dan Diary kita bisa menyumbangakan sesuatu yang penting untuk orang lain walaupun sekarang saya bukan penulis.

Mungkin bagi kebanyakan orang menulis adalah kegiatan yang membosankan atau bahkan sulit, bagai mana tidak? Coba anda bayangkan ketika kita menulis menggunakan media komputer, kita harus merasakan pantat yang panas karena berjam-jam
harus duduk di kursi atau mata yang menjadi perih gara-gara berlama-lama memelototi layar monitor. Kadang ada orang yang mengatakan menulis itu sulit, yang katanya tidak bisa menuangkan ide atau tidak punya ide sama sekali untuk ditulis. Mungkin kata-kata bosan untuk menulis hanya pada individu tertentu saja. Tapi untuk kata-kata “gak punya ide” atau “belum dapat ide” Eiit tunggu dulu… Semua orang pasti punya ide bahkan dimana pun anda berada pasti ada ide, hanya saja anda melewatkan begitu saja ide tersebut tanpa berbuat sesuatu. Seperti kata Didik Wijaya dalam tulisannya di Escaeva.com yang mengatakan bahwa “Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan ide. Ada yang jongkok berlama-lama di kamar mandi sambil merokok sampai mendapatkan ide cemerlang. Ada yang pergi jauh-jauh ke desa terpencil untuk menyepi. Ada yang melamun, sambil menatap kertas putih di hadapannya atau halaman putih di layar komputer sambil jarinya mengetuk-ngetuk menja. Tidak ada yang salah dengan semua cara itu. Semua orang punya cara unik untuk mendapatkan ide.” Seperti yang diungkapkan oleh Didik Wijaya di atas saya juga sependapat dengan kata-katanya bahwa ide itu ada dimana-mana. Jadi jangan urungkan niat anda untuk menulis walaupun anda sedang tak punya ide sama sekali. Kakak saya pernah berkata “Ide atau inspirasi itu bukan di tunggu tapi semua harus dicari. Bahkan hidayah pun di harus dicari!” itulah yang memantabkan saya untuk menulis sesuatu, walaupun itu sesuatu yang sepeleh.

Dan sekarang saya begitu gemar menulis sesuatu yang sepeleh, dan semakin enjoy dalam menulis. Bahkan kita bisa mewujudkan sesuatu yang tidak mungkin di dunia nyata tetapi sangat mungkin di dunia tulis menulis misalnya kita bisa membuat cerita fantasi, cerita pembunuhan, cerita percintaan atau berkomunikasi dengan Tuhan. Itulah sebabnya kenapa menulis itu sangat menyenangkan bagi saya. Dan sekarang tanyakan pada diri anda apakah anda ingin memulai andil dalam melanjutkan peradaban dunia dengan pengetahuan yang anda miliki.

Copy-Paste kode di bawah ini jika Anda ingin mempublikasikannya ulang untuk keperluan non-komersil. DILARANG memodifikasi separuh atau seluruh bagian dari kode tersebut.

*Widget By Vandy 165

24 komentar »

  • ina said:  

    menulis???? dlo ina jg gag bakat menulis,, pa lagi menulis di blog, tpi iseng2 bikin blog, ya mau tak mau harus rajin menulislah,... hehe,...

    menulis yuuuuuk....!!!
    hehehe,...

  • afwan auliyar said:  

    keep writing ....
    mang harus rajin menulis neh :)

  • si kumb@ng said:  

    bagi sebagian Writcholic...:)
    menulis adalh candu.

  • NoRLaNd said:  

    Sama kek alasan ku membuat blog... Mirip2 ama artikel ku seblom nya...
    Kalo tulis di blog, kita ga perlu nunggu penerbit edit2 apa yang kita tulis, atau bahkan mereject nya karena di rasa kurang laayak. kalau lewat blog.. Artikel apapun bisa saya publish :)

  • Henny Y.Caprestya said:  

    wah,,terima kasih atas tipsnya mbah..
    trus terima kasih juga udah sering mampir ke blognya henny

  • Sang Cerpenis bercerita said:  

    menulis memang asik kok.

  • yanuar catur rastafara said:  

    menulis itu juga sebagai ungkapan apa yang di tangkap oleh indra kita
    jadi menurut say,,menulis itu kegiatan yang sungguh asik dan menguji empiris..
    hehehhehehehehehehehehe

  • andie said:  

    aku lagi mencoba seperti itu nih.!!
    :D
    semoga aj bisa.
    hehehe

  • IjoPunkJUtee said:  

    Seorang Blogger sudah pasti seorang penulis, tpai seorang penulis belum tentu seorang blogger....

  • anggaarie said:  

    hem...ayo semua semangat menulis....

  • Seri said:  

    manusia itu punya perasaan dan sifat ingin tahu. tempat luahan ya disecebis kertas putih. sedangkan kita blogger juga sama cuma berbeza cara.

  • eagleval said:  

    keep menulis sebarakan duniamu kawan..

  • RanggaGoBloG said:  

    sesuatu yang sepele itu ketika ditulis bisa jadi sesuatu yang tidak sepele...

    *ngawur mode =ON=*

  • yanuar catur rastafara said:  

    menulis memang asik broo
    hehehehehe

  • cupu-ksiruh said:  

    ide ohh ide,,,
    kadang datang dan kadang pergi....
    tapi gak usahh dikejer ..
    karena sering datang sendiri :D

    bner gak mbah :D

  • fifi said:  

    sama dulunya juga paling malas sm pelajaran yang namanya ngarang..............

  • buwel said:  

    Selamat menulis ya...

  • Lala said:  

    Aku izin mo menulis komentar disini ya wkekeke...
    Ayo menulis! Semangat!!

  • negeri hijau said:  

    link sobat dah dipasang, anchor Si Embah

  • cahyadi said:  

    setuju mbah...

  • Em@k said:  

    Keep writing Bro..Maju trs, pantang mundur. Oyee..!!! :D

  • Blog Guru SMPN 1 Kikim Barat said:  

    Blog Guru SMPN 1 Kikim Barat

    Terima kasih Si Embah mau berkunjung ke blog kami dan memberikan komentarnya yg bermanfaat.

    oh ya, kalau boleh kita tukaran link ??? untuk link Embah sudah kami pasang di kolom "Daftar Blog Tukaran Link," atas nama Si Embah.

    Silakan dilihat di blog kami dengan alamat:
    http://alhafizh84.wordpress.com/

    Jika anda ingin dipasang juga dalam bentuk links teks silakan isikan 1. nama 2. alamat situs anda, 3. Komentar yg bermanfaat. di alamat :
    http://alhafizh84.wordpress.com/ayooo-tukaran-link-nyuuu/

    Request; agar menggunakan nama "Blog Guru SMPN 1 Kikim Barat"

    Mohon konfirmasi baliknya, sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, karena kami merasa terhormat jika anda mengizinkan links kami dipasang juga di blog anda. :-)

  • Anonim said:  

    they, however, give off unimaginable faculty. links of london charms The key is how to decide properly. The shape of links of london charms Earrings is connected to one’s face mold. People with triangular charms bracelets face are not apposite to bear long Links Of London Earrings with pendants links of london womens watches while studs in around identity can proffer a substance of coordination. links of london watch uk If you have an oval face, you can erode Links Of London Earrings in any style. cheap links of london rings Please never try too long, too small or too big ones. Round-faced people should links of london rings sale avoid bearing small or oblate Links Of London Earrings, links of london necklaces which can make face look longer. If you have a slim feature, links of london earrings you can costume small Links Of London Earrings with delicate design. Links of london Chains Londonlinksreplica.com is your best Links of London Jewelery online mass where a great variety of are provided at hot charge.

  • Leave your response!